Penulis / NIM
SYAHRA LATAPENG / 421410091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Syahra Latapeng, Pengaruh Model Pembelajaran Mind MappingTerhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA FISIKA ( suatu penelitian Di SMP Negeri 1 Kwandang). Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr.Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, M.Pd. Secara umum tujuan penelitian ini untuk melihat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa. Secara operasional tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mappingyakni sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap berlangsung pada tahun ajaran 2013/2014.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kwandang yang berjumlah 6 kelas.Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sapling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen yang akan mendapatkan perlakuan dengan model Mind Mapping, sedangkan kelas VIIID sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan model Example Non Exampledengan jumlah siswa masing-masing 22 orang. Presentase skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 72,21 % dan kontrol 58,86 %. Berdasarkan pengujian Hipotesis juga diperlihatkan bahwa didapatkan thitung 3,697 > tdaftar 2,02.Karena thitung> tdaftar maka Ho ditolak, dengan demikian H1 diterima, sehingga Terdapat perbedaan antara Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Fisika yang dibelajarkan menggunakan Model pembelajaran Mind Mapping dengan yang di belajarkan menggunakan Model pembelajaran Examples Non Eamples
Kata Kunci :Mind Mapping, Hasil Belajar
Download berkas