Penulis / NIM
MERTI BANGE / 421410094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Merti Bange. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooper atif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al-Huda Gorontalo pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penilitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan posttest- only control desain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VII3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan siswa kelas VII4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal uraian. Data instrument tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan , sehingga diperoleh hasil£- t£-_hitung= 4,108>t_tabel = 1,677 dimana hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran STAD.
Kata kunci : Kooperatif tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar
Download berkas