Penulis / NIM
ISHAK ADAM / 421410103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Ishak adam 421 410 103 Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bunyi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together Di SMP Negeri 6 Satap Telaga Kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type Numbered Head Together pada materi bunyi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, peserta didik. Peserta didik yang dikenai tindakan berjumlah 20 orang. Dari 20 orang Peserta didik yang dikenai tindakan 8 Peserta didik mendapat nilai 90-100 atau 40%, 8 Peserta didik mendapat nilai antara 79-89 atau 40%, 1 Peserta didik mendapat antara 68-78 atau 5%, 3 Peserta didik mendapat nilai antara 46-67 atau 15%, Yang memperoleh kriteria ketuntasan belajar hanya mencapai 75% ( 15 orang Peserta didik) ini menunjukkan bahwa persentase keberhasilan Peserta didik pada siklus 1 belum tercapai, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Berbagai kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Ternyata hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan bahwa ada 12 Peserta didik yang mendapat nilai diantara 90-100 atau 60%, 5 orang Peserta didik mendapat nilai diantara 68-89 atau 25%, 3 orang Peserta didik yang mendapat nilai diantara 60-67 atau 15%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif type Numbered Head Together pada materi Bunyi dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Telaga pada tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Hasil Belajar Peserta didik, Kooperatif Learning, Numbered Head Together.
ABSTRACT
Ishak Adam 421 410 103 Increasing Student's Learning Outcomes in The Topic of Sound By Using Numbered Head Together Cooperative Learning Model, at SMP Country 6 Satap Telaga Grade VIII. This Research Aims at Revealing The Cooperative Learning Model; Numbered Head Together In The Topic of Sound in Increasing Student Learning Outcomes. The Techniques of Collecting the Data Use Teachers and Student's Observation Sheet. Those Received Activities Consists Of 20 Student's With The Description That 8 Student's Achieved a Score Between 90-100 or 40% of The Total Percentage, 8 Student's Achieved a Score Between 79-89 or 40% of The Total Percentage, 1 Student Achieved a score 68-78 or 5% From The Total Percentage, 3 Student's Achieved a Score Between 46-67 or 15% Of The Total Percentage. There Are Only 15 Student Who Passed The Minimum Passed Criteria or 75% Of The Total Percentage. This Shows That The Percentage Of Students Learning Outcomes In Cycle 1 Has Not Fulfilled The Criteria. In Cycle II, The Error's Are Minimized, And The Results Shows That There Are 12 Student's Achieved Score Between 90-100 or 60% Of The Total Percentage, 5 Students Achieved Score Between 68-89 or 25% of The Total Percentage, 3 Students Achieved a Score Between 60-67 or 15% From The Total Percentage. Can Results Can Be Concluded That Using Numbered Head Together, a Cooperative Learning Model In The Topic of Sound Can Increase Students Learning Outcomes at SMP Country 6 Satap Telaga, Grade VIII, 2013/2014 Academic Year.
Keyword: Students Learning Outcomes, Cooperative Learning, Numbered Head Together
Download berkas