Penulis / NIM
LAILA KALOKO / 421410110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Laila Kaloko. 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Topik Getaran dan Gelombang". Penelitian yang dilakukan ini merupakan suatu studi eksperimen di SMP Negeri 2 Bongomeme yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar IPA topik getaran dan gelombang. Populasi dalam penelitian ini meliputi keseluruhan siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 2 Bongomeme yang berjumlah 120 siswa dan terdistribusi pada 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII4 dengan jumlah siswa 24 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian. Tes diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen sebanyak 3 kali yaitu pada awal dan akhir materi pembelajaran. Berdasarkan hasil uji-t hipotesis dimana thitung > ttabel = thitung = 11.25 > ttabel = 2,06. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP Negeri 2 Bongomeme jika diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Dilihat dari gain normalisasi diperoleh untuk pertemuan ke-1 nilai pretest sebesar 6.08 dan posttest 34.3, pertemuan ke-2 pretest sebesar 6.46 dan posttest 37.1, pertemuan ke-3 pretest sebesar 7.92 dan posttest sebesar 38.5 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar untuk posttest lebih tinggi daripada pretest dari setiap pertemuan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar
Download berkas