Penulis / NIM
LESTARI I. ISHAK / 421410111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Lestari I. Ishak. Deskripsi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran Sains Materi Bunyi (suatu penelitian di kelas VIII SMP Negeri 1 Paguyaman). Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan PAKEM pada pembelajaran sains materi bunyi di SMP Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Paguyaman Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 147 siswa. Pengambilan sampel dari penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-5 dengan jumlah 27 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat yang telah dikembangkan dengan pendekatan PAKEM pada pembelajaran sains dapat meningkatkan aktivitas siswa, dilain sisi kualitas pembelajaran Sains pada materi bunyi dapat meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis aktivitas siswa, dimana pada pertemuan I persentasi aktivitas siswanya adalah 88%, pertemuan II persentasinya 88.8% dan pertemuan III persentasinya 94.3%. Demikian juga dengan hasil belajar siswa dimana persentasi yang tuntas adalah 81.48% dan persentase siswa yang tidak tuntas adalah 18.52%. Oleh karena itu dengan menerapkan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dengan semakin tinggi aktivitas siswa dalam pembelajaran, maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Kata kunci: Aktivitas siswa, Bunyi, Hasil Belajar, Pendekatan PAKEM.
Download berkas