Penulis / NIM
RISFAWATI BIMBING / 421410114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Risfawati Bimbing. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Alat-Alat Optik. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, dan Pembimbing II Bapak Ahmad Zainuri, S.Pd M.T
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kreatif produktif dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP NEGERI 1 ATINGGOLA, Kabupaten Gorontalo Utara, sedangkan sampel adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain tipe Posttest Only Control Group Design Berdasarkan hasil uji t hipotesis dimana Thitung > Ttabel, yaitu Thitung = 2,63 > Ttabel = 2,04, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kreatif produktif dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82 %, sedangkan kelas kontrol sebesar 76 %,. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kreatif produktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kreatif Produktif
Download berkas