Penulis / NIM
ROSNITA PAKAYA / 421410115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Rosnita Pakaya. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Ekspositori Berbasis Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I bapak Prof. Dr.Enos Taruh, M.Pd, dan Pembimbing II Bapak Citron S. Payu,S.Pd,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ekspositori berbasis demonstrasi terhadap hasil belajar Fisika di SMP Negeri 4 Bolaang Uki. Untuk mengetahui pengaruhnya maka diadakan pembanding antara kedua kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama yakni untuk melihat perbedaan hasil belajar fisika yang dibelajarkan menggunakan metode ekspositori berbasis demonstrasi sebagai kelas eksperimen dan dibelajarkan menggunakan metode ekspositori sebagai kelas Kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April 2014 sampai Mei 2014, Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terbagi dalam 2 kelas yakni kelas VIIIA sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Untuk kelas VIIIA metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Ekspositori berbasis demonstrasi, Kelas VIIIB menggunakan metode ekspositori, hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika yang dibelajarkan menggunakan metode ekspositori berbasis demonstrasi dengan yang menggunakan metode ekspositori
( > ).Demikian pula rata-rata hasil belajar fisika yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran ekspositori berbasis demonstrasi lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar fisika yang dibelajarkan mengunakan metode pembelajaran ekspositori .
Kata kunci: Metode ekspositori berbasis demonstrasi, hasil belajar .
Download berkas