Penulis / NIM
SRI RAHAYU TANGAHU / 421410117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Sri Rahayu Tangahu. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Course Review Horay Yang Diintegrasikan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMP Negeri 1 Atinggola. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Course Review Horayyang diintegrasikan dengan metode demonstrasi dan dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STADyang diintegrasikan dengan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atinggola pada tahun ajaran 2013/2014,yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor hasil belajar siswa untuk kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yang diintegrasikan dengan metode demonstrasi memiliki persentase lebih tinggi yaitu 79,72 % dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diintegrasikan dengan metode demonstrasi yang memiliki persentase sebesar 77,84 %. Perbedaan hasil belajar siswa ini dapat dilihat dari pengujian statistik dengan menggunakan uji t dengan nilai t_hitung>t_tabel=2,329>2,038. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yang diintegrasikan dengan metode demonstrasi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata kunci :Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay
Download berkas