Penulis / NIM
WAHYUNI KAUNE / 421410118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuni Kaune. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu Dan Kalor di Sma Negeri 1 Mananggu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mananggu yang berjumlah 16 siswa pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari enam kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa yang melibatkan beberapa orang pengamat. Hasil yang diperoleh pada siklus I bahwa hasil belajar siswa yang mencapai standar ketuntasan hanya sebesar 43.75%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan perlu dilanjutkan kesiklus selanjutnya yakni siklus II. Tindakan yang belum terlaksana dengan baik pada siklus I telah diperbaiki pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 87,5% artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikkan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi suhu dan kalor dikelas X1 SMA Negeri 1 Mananggu.
Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa
Download berkas