Penulis / NIM
HASNIA / 421411004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Hasnia. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Skripsi. Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Drs. Mursalin, M. Si dan Pembimbing II: Ahmad Zainuri, S. Pd, MT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Science, Environment, Technology, And Society (SETS) menggunakan metode eksperimen dengan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII2 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrument tes. Instrument penelitian berupa tes essay yang terdiri dari 10 butir soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan uji Liliefors. Selanjutnya pengujian homogenitas menggunakan statistik uji F, hasilnya adalah bahwa Fhitung
Download berkas