SKRIPSI

Penulis / NIM
MAHFUZI YUANDA DAUD / 421411010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK Mahfuzi Yuanda Daud, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pesan Berantai Dan Reward Pada Materi Sifat Mekanik Bahan Di SMK NEGERI 1 SUWAWA. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, dan Pembimbing II ABD. Wahidin Nuayi, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Pesan Berantai dan Reward pada materi sifat mekanik bahan di SMK NEGERI 1 SUWAWA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XTKR dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 12 siswa, yang keseluruhan merupakan siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dan berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa 25% siswa memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Persentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan klasikal yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83,33% yang memperoleh nilai 75. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pesan Berantai dan Reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat Mekanik Bahan. Kata kunci : Pesan Berantai, Reward, Hasil Belajar. ABSTRACT Mahfuzi Yuanda Daud, 2015. Improving the Student's Learning Achievement through the implementation of chain messege and Reward learning Model in Mechenical Properties of Materials in SMK N 1 Suwawa. Skripsi, Departemen of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sains, State University of Gorontalo. Principal Supervisor was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and Co-supervisor was ABD. Wahidin Nuayi, M.Si. This research was developed to improve the students' learning achievement using the Chain Messege And Reward learning model in mechanical properties of material in SMK N 1 Suwawa. The subjects of this research were student of grade XTKR with the Number of Stundents were 12 students, all of them were male students, this reaserch was conducted in the second semester of 2014/2015 academic year, and was conducted in two cycles and four components of planning, implementation of treatment, observation, and analysis and reflection. The data were collected through observation, and the administration of test at the end of the cycles. Based on this research in cycles 1, showed that 25% of the students achieved under the standard of achievement and therefore, the research was carried out to the second cycle. In the second cycle, stundents' learning achievement had met all the indicators of achievement in which 83,33% of the students learning achieved 75% points in their evaluation of learning. Therefore, this research concluded that the implementation of Chain Message and Reward Model of learning could improved the students' learning achievement in mechanical properties of materials topic. Keywords: Chain Message, Reward, Learning Achievement.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011