Penulis / NIM
ASTUTI A. ISMAIL / 421411013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Astuti A.Ismail 2016. "Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif diintegrasikan dengan model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran Fisika."Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Supartin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar siswa dengan melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan Model pembelajaran kooperatif diintegrasikan dengan model talking stick dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPA MAN Batudaa dan di ambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (XI IPA I) dan kelas kontrol (XI IPA II), penarikan sampel dilakukan dengan random classter Sampling. Dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Post- Test Only Control Design. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang berupa tes essay. Tes essay ini ini yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas control yaitu Post-test. Secara Statistik, data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif diintegrasikan dengan model talking stick dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di uji perbedaannya dengan menggunakan statistik uji t pada pengujian hipotesis. Dari pengujian hipotesis dapat diperoleh nilai rata-rata belajar pada siswa kelas eksperimen sebesar XE= 59,56 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol XK= 47,92. Sedangkan pengujian hipotesis = 0,05 didapatkan ttabel= 2,092, karena thitung>ttabel (3,8813>2,092) maka H0 ditolak dan disimpulkan nilai siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif diintegrasikan dengan model talking stick lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Fisika.
Kata kunci : Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Talking Stick, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, hasil belajar
Download berkas