SKRIPSI

Penulis / NIM
RAJIUN / 421411017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Abstrak Rajiun. NIM. 421 411 017. Judul Skripsi "Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset Pada Mata Kuliah Fisikadasar Ii Materi Litrik Dinamis Di Jurusan Kimia Semester II". Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisiska. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Pembimbing I Drs. Asri Arbie,M.Si dan pembimbing II Citron S.Payu, S.Pd,M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo tahun ajaran 2014/2015 semester genap. Dengan jumlah mahasiswa 38 orang untuk kelas kimia B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis riset pada materi listrik dinamis. Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini yang itu instrumen tes. Lembar observasi berisi tentang aktivitas dosen dan mahasiswa yang terlihat pada saat pembelajaran berlangsung dengan melalui langkah-langkah model pembelajaran berbasis riset. Penelitian ini menunjukan bahwa pengamatan aktivitas mahasiswa untuk setiap pertemuan didominasi oleh kategori sangat baik dan baik berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, dan untuk hasil belajar dari 32 mahasiswa yang mengikuti tes, yang memperoleh nilai tuntas adalah sebanyak 28 orang dengan persentase 87,5 %, sedangkan yang memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 12,5%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis riset dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa khususnya materi listrik dinamis. Kata kunci: Pembelajaran berbasis riset, Aktivitas mahasiswa dan dosen, Hasil belajar ABSTRACT Rajiun. 421 411 017. Description of the research Base learning model implementation on basic of physics II subject, dynamic electricity material at department of chemical, semester II. Study Program of Physic Education, Department of Physic. Faculty of Mathematics and Natural Science. State University of Gorontalo. The principal supervisor was Drs. Asri Arbie, M.Si, and Co- Supervisor was Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. This was a descriptive qualitative research, conducted at the Department of Chemical of State University of Gorontalo in academic year 2014/2015. The student were 38 participants of Chemical Class B. This research aimed at knowing the description of the activity and the student learning achievement through the implementation of research based learning model on the basic of physic II subject, dynamic electricity material. The instrument used test, the observation sheet about lecturers and students activity that was directly seen on learning process trough research based learning model. This result showed that students' activity an each meeting was dominated by the category of very good and good based on the research. The result from 32 students who followed the test, were about 28 students or 87.5%. while there were 4 students with the percentage 12.5% who did not complete. Therefore, the implementation of research based learning model increased students learning achievement especially on dynamic electricity topic. Keywords; the Research Based Learning Lecturers and Students Activity, Learning Achievement.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011