Penulis / NIM
SRI WAHYUNI KADIR / 421411020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Sri Wahyuni Kadir (421411020). "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika Pada Materi Suhu Dan Kalor." Skripsi, Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2015.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan di SMA NEGERI I DUNGALIYO tahun pelajaran 2014/1015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak I kelas yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (Multiple Choice) dengan lima pilihan (Option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar fisika siswa pada materi suhu dan kalor. Dalam penelitian ini, diperoleh skor pre-test adalah 5,724 sedangkan untuk rata-rata skor poss-test adalah 6,28. Berdasarkan perhitungan uji-t dengan taraf kepercayaan 95% ( = 0,05) diperoleh harga ttabel = 2,05 thitung =3,4389663 dari hasil pengujian diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian H0 diterima Ha ditolak pada taraf kepercayaan 95 %.
ABSTRACK
Sri Wahyuni Kadir (421411020). "The Influence Of Guided Inkuiry Learning Model toward Student's Learning Achievement in Phisics, Temperature and heat Material". Skripsi, Study Program Of Physics, Faculty Of Mathematics and Natural Science, State University Of Gorontalo, 2015.
The aim of this research is to find out the influence of guided inkuiry learning model toward physics learning achevement in temperature and heat materials. This research was conducted at SMA NEGERI I DUNGALIYO academic year of 2014/2015. Research was quasi experiment method. The sample of this research wash class which consisted of 29 students. The instrument used in this research was multiple choice of objective test with five options that was temperature and headd material. This research gained pre-test score that was 5,724 while the average poss-test score was 6,28. Based on the calculation of t-test with level of significance 95% (=0,05), it gained value of ttabel = 2,05 tcount= 3,4389663 and from the test result gained tcount > ttable, therefore H0 was accepted and Ha was rejected in the level of significance 95%.
Download berkas