Penulis / NIM
RIRIN FRENIKA AHMAD / 421411028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Abstrak
ABSTRAK
Ririn F. Ahmad, 2016. " Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa di SMK Gotong Royong Telaga ". Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan bapak Dr. Nawir Sune M.Si. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika pada siswa di SMK Gotong Royong Telaga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik melalui uji regresi dan uji korelasi. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh persamaan regresi = -42,3697+0,9733X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (Kecerdasan Emosional) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Hasil Belajar) sebesar 0,9733 unit, dengan kedua variabel linier dan berarti. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya r = 0,75 dengan koefisien determinasinya r2 = 0,56 atau 56%. Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel,(6,05 > 1,70) pada taraf signifikan = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika pada siswa di SMK gotong royong telaga. Oleh karena itu guru harus kreatif dalam menggali kecerdasan emosional siswa agar hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar
Download berkas