Penulis / NIM
I MADE ASTANA / 421411029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
I Made Astana. 2015. Hubungan Pemahaman Simbol, Besaran dan Satuan Fisika dengan Hasil Belajar Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Supartin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman simbol, besaran dan satuan fisika dengan hasil belajar fisika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan menggunakan teknik analisis korelasi dengan sampel penelitian siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Dungaliyo tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) terdapat hubungan antara pemahaman simbol fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 24,1 % dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,49, (b) terdapat hubungan antara pemahaman besaran fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 36,363 % dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,603, (c) terdapat hubungan antara pemahaman satuan fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 30,36 % dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,551, (d) terdapat hubungan secara bersama-sama antara pemahaman simbol, besaran dan satuan fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 52,91 % dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,7274. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar fisika dapat dilakukan dengan pemahaman simbol, besaran dan satuan fisika.
Kata Kunci: Simbol, Besaran, Satuan, dan Hasil Belajar.
Download berkas