Penulis / NIM
ARIFUDIN / 421411030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Arifudin. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Riset Pada Mata Kuliah Interaksi Belajar Mengajar Materi Model Dan Metode Pembelajaran (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Program Studi S1 Pendidikan Fisika di Kelas A semester 4, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo).Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah interaksi belajar mengajar kelas Fisika A semester 4, dengan jumlah mahasiswa 24 orang. Penelitian ini mengacu pada model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, lembar pengamatan aktivitas dosen dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I dari 24 mahasiswa yang dikenai tindakan 20 mahasiswa yang tuntas atau secara klasikal mencapai 83,33%. Karena terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dan memenuhi kriteria nilai yang sudah ditetapkan maka penelitian diakhiri pada siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis riset dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Riset
Download berkas