SKRIPSI

Penulis / NIM
LISTIAWATI GOBEL / 421411035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Listiawati Gobel. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaan Fisika Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X ATPH II SMK Gotong Royong Telaga. (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMK Gotong Royong Telaga). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas X ATPH II semester 2 SMK Gotong Royong dengan menerapkan model pembelajaran problem based instruction pada mata pelajran fisika materi suhu dan kalor, dengan jumlah ssiswa 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas guru. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I dari 32 siswa yang dikenai tindakan 27 siswa yang tuntas atau secara klasikal mencapai 84,37%, Karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan memenuhi kriteria nilai yang sudah ditetapkan, maka penelitian diakhiri pada siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Instruction ABSTRACT Listiawati Gobel. 2016. Implementation of Problem Based Instruction Learning Model to Increase Student Learning Achievement on Physics Subject of Temperature and Heat at Class X ATPH II SMK Gotong Royong Telaga. (A Classroom Action Research at SMK Gotong Royong Telaga). Skripsi, Beachelor Natural Sciences, State University Of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Fitryane Lihawa M.Si and the Co-Supervisor is NOVa E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd. This research aims at investigating the increasing of student learning achievement class X ATPH II second semester SMK Gotong Royong by implementing Problem Based Instruction learning model on Physics Subject of temperature and heat with the total students are 32. The Instrument uses to collect the data is student learning achievement test, student and teacher activity observation sheets. Based on action result at cylcle I there are 27 students from 32 students who are complemented or classically gained 84,37%, it is because there is increasing student learning achievement and meet with the score criteria that problem based Instruction learning model can increase student learning achievement. Keywords: Learning Achievement, Problem Based Learning Instruction Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011