SKRIPSI

Penulis / NIM
SISKA FRATIWI A. DAUD / 421411038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK Siska Fratiwi Daud. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation yang Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Abd.Nuayi S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan mengintegrasikan model pembelajaran Group Investigation dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung. Pada pelajaran fisika materi Gelombang dan Bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK GOTONG ROYONG TELAGA. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas XI ATPH 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI ATPH 1sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretest kemudian diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = 44,57 > Ftabel = 4,15 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan mengintegrasikan model pembelajaran Group Investigation dan Inkuiri Terbimbing dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung. Dimana hasil belajar dengan mengintegrasikan model pembelajaran Group Investigation dan Inkuiri Terbimbing lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Langsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa Abstract Siska Fratiwi Daud. 2016. The Influence of Group Investigation Learning Model integrated with Guided Inquiry Learning Model toward Students' Learning Achievement. Bachelor Study Program of Physics Education, Department of Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The principal supervisior was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and the co-supervisior was Abd. Wahidin Nusyi, S.Pd, M.Pd. This Research aimed at investigating the difference of learning achievement on students who were taught by using the integration of group investigation learning model with guided inquiry learning and those who were taught by using direct learning model in wave and sound topic of physics subject. This researc applied True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design. The population of research were all students of class XI of SMK GOTONG ROYONG TELAGA. Samples were chosen using Cluster Random Sampling. Thus, Class XI ATPH 1 was chosen as experimental class and class XI ATPH 2 as control class. The instrument of research was test of students' learning achievement (essay test). Before giving the treatment to both experimental and control classses, the two classes were given pretest. Then, after treatment was given, it was continued to posttest. The result of hypothesis test gained Fcount = 44,57 > Ftable = 4,15, thus, based on testing criteria, H0 was rejected and H1 was accepted. Thus, it can be concluded that there was a significant difference of learning achievement between students who were taught by using the integration of group investigation learning model with guided inquiry learning and those who were taught by using direct learning model. The learning achievement of students who were taught by using the integration of Group Investigation and Guided Inquirry Learning Model was higher than the learning achievement of students who were taught ny using Direct Learning Model. Keywords: Group Investigation Learning Model, Guided Inquiry Students Learning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011