Penulis / NIM
SUNARTI GOBEL / 421411040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Abstrak
Gobel, Sunarti. 2015. "Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo". Skripsi, Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, (2) Ahmad Zainuri S.Pd, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual berbasis powerpoint. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika yang menggunakan Media Audio Visual Berbasis Powerpoint dengan yang di ajar menggunakan Media Powerpoint . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo. Design dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling, sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari hasil analisis data pada = 0.05 diperoleh t tabel = 1.857 dan t hitung 1.672 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Audio Visual Berbasis Powerpoint dengan siswa yang diajarkan menggunakan media powerpoint. Penggunaan media Audio Visual berbasis Powerpoint lebih cocok digunakan dalam pembelajaran fisika materi suhu dan kalor.
Kata Kunci : Media Audio Visual Berbasis Powerpoint, Hasil Belajar
Abstrack
Gobel, Sunarti. 2015. The Influence of The Use of PowerPoint-Based Audio Visual Media to Students'learning Achievement On Physics Subject Class X Of SMA Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Study Program Of Physics, Department Of Physics, Faculty of Mathemathics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The Principal supervisor was Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd and the co-supervisor was Ahmad Zainuri, S.Pd M.T.
This research was aimed at observing the difference between students learning achievements using Powerpoint-Based Audio Visual Media. Research hypothesis is there is a difference of learning achievement of students on physics by using Powerpoint-Based Audio Visual Media and by using powerpoint media. The method used in this research was True Experimental Design with Posttest Control Group Design. Population of this research were all class x of SMA Negeri 1 Dungaliyo. The technique of sampling was cluster random sampling. The samples were 60 studenst. Technique of data analysis was t test, as the requirement of analysis, it was conducted the normality test using Chi Quadrat test and homogeneity test by using F test. From the data analysis at = 0.05, it gained t table =1.857 and t hitung = 1.672 where H0 was rejected and H1 was accepted. It was showed that there was a difference between learning achievement of students who were taught by using Powerpoint-Based Audio Visual Media and those who were taught using Powerpoint media. The use of Powerpoint-Based Audio Visual Media is more suitable to be used in physics subject in temperature and heat material.
Keywords : Powerpoint-Based Audio Visual Media, Student's learning achievement.
Download berkas