SKRIPSI

Penulis / NIM
RIRIN ARISANTI LEBE / 421411041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Abstrak Ririn Arisanti Lebe, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar siswa Melalui Model Problem Based Learnin (PBL) pada materi usaha dan energi. Skripsi Pembimbing I Prof . Dr. Enos Taru, M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanaka di SMK Gotong Royong Telaga yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi usaha dan energi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning, dengan jumlah siswa 15 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus pembelajaran, masing-masing siklus terdiri dari : (1) perencanaan tindakan. (2) pelaksanaan tindakan. (3) observasi dan evaliuasi. (4) analisis dan refleksi. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I telah diidentifikasi berdasarkan kekurangan-kekurangan dan dilakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II. Istrumen penelitian berupa essay tes, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar kegiatan guru, dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan dan ketercapaian kegiatan pembelajaran menggunakan persentase. Peneliti telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan medel pembelajaran problem Based Learning (PBL) berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I dari 10 butir soal yang diujikan 7 orang siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 15 orang. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus II dari 10 butir soal yang diujikan 2 orang siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 15 orang. Karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan memenuhi kriteria nilai yang sudah ditetapkan, maka penelitian diakhiri pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011