Penulis / NIM
FIKRI BADJA / 421411042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Fikri Badja, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Sains Peserta Didik Pada Materi Gaya Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Komik (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN 10 Kwandang). Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I : Supartin, M.Pd dan Pembimbing II : Nova Elisya Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 10 Kwandang melalui penggunaan media pembelajaran komik di kelas V pada materi gaya yang berjumlah 20 orang peserta didik, tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam I siklus dengan mengikutsertakan 3 orang pengamat observasi. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar dikatakan tercapai atau tuntas apabila secara klasikal mencapai lebih dari 75 % jumlah peserta didik yang mendapat nilai 70. Hasil belajar peserta didik pada siklus I ini menunjukkan dari 20 peserta didik yang dikenai tindakan terdapat 18 orang peserta didik atau 90 % yang memperoleh nilai diatas 70 dan 2 orang peserta didik atau 10 % yang memperoleh nilai dibawah 70. Hal ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I telah mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Sains atau IPA khususnya pada materi gaya akan meningkat apabila menggunakan komik sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar Peserta Didik, Media Pembelajaran Komik, Gaya
ABSTRACT
Fikri Badja, 2018. Improving Students' Science Learning Outcomes in the Force Material through the Application of Comic Learning Media (A Classroom Action Research at Fifth Grade of 10 Kwandang). Skripsi. Department of Physics, Study Program Of Physics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Supartin, M.Pd and the co-supervisor is Nova Elisya Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
This classroom action research aimed at improving students' science learning outcomes at SDN 10 Kwandang through the application of comic learning media at fifth Grade in the force material which were 20 students in academic year of 2017/2018. This classroom action research was conducted in one cycle which involved three observers of observation. Data collection used observation sheets of students' activity, observation sheets of the implementation of the learning process, and learning outcomes test. The success indicator for the learning outcomes can be stated achieved or completed, if the classical reaches more than 75% of students got a score of 70. The students' learning outcomes at cycle I revealed that from 20 students who got treatment, there was 18 students or 90% that got score above 70 and 2 students or 10% got score below 70. It was indicated that the success percentage at cycle 1 has reached the predefined indicator of completeness; therefore it was unnecessary to continue the following cycle. Based on the data above, it can be concluded that students' learning outcomes in the science learning of IPA, particularly in the force material will be increased if applying comic as learning media.
Keywords: Students' Learning Outcomes, Comic Learning Media, Force
Download berkas