Penulis / NIM
ROSMA / 421411045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
ROSMA. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika Pada Materi Gerak Lurus. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada pelajaran fisika materi gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Gotong Royong Telaga. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas X ATPH 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X ATPH 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretest kemudian diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 10,8956 > ttabel = 1,676 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Dimana hasil belajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning, Pembelajaran langsung Hasil Belajar Siswa
Download berkas