Penulis / NIM
LETIAWAN A. S. MATTO / 421411046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Letiawan A.S Matto, 2016 Pengaruh Pengunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Gaya. Prongram studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitaas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr Sunarty S Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu,S.Pd,M.Pd
Penelitan ini bertujuan untuk meliht perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual (Video) dengan menggunakan media visual (foto). Pada pelajaran Fisika materi Gaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Desing dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Grup Desing. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Sekecamatan Pinolosian Timur. Sampel Penelitian siswa kelas VIII SMPN 3 Pinolosian, kelas VIIIa sebagai kelas kontrol dan VIIIb sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretestkemudian setelah perlakuan diberikkan posttest. Hasil pengujian hipoteis diperoleh Fhitung = 30,7279 > Ftabel= 4,04sehingga berdasarkan kriteria pengujian Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual (video) dengan siswa yang diajarkan menggunakan media visual (foto).
Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual (Video) , Media Visual (Foto), Hasil Belajar Siswa.
Download berkas