Penulis / NIM
OLVIANI BUNTUAN / 421411047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Abstrak
ABSTRAK
Olviani Buntuan. 2016. Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Program Studi SI Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Muhamad Yusuf S.Si, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Macromedia Flash dengan menggunakan media Powerpoint. Pada pelajaran Fisika materi Gerak Lurus Berubah Beraturann (GLBB). Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA NEGERI 1 GORONTALO. sampel penelitian kelas X IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretest kemudian diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung =41,491 > 3,98 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Macromedia Flash dengan siswa yang diajarkan menggunakan media PowerPoint.penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dengan media Powerpoint lebih cocok digunakan dalam pembelajaran fisika materi GLBB.
Kata Kunci : media pembelajaran Macromedia Flash, media PowerPoint, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas