Penulis / NIM
ISNARTI KARIM / 421411049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Isnarti Karim. 2015. Deskripsi Karakter Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Riset Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 (Suatu Penelitian di Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Sunarty S. Eraku, M.Pd
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter mahasiswa dalam pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Fisika Dasar 2. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Matematika kelas B, Jurusan Fisika kelas B, dan Jurusan Kimia B. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrument lembar pengamatan karakter mahasiswa. Pengamatan dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan pada seluruh subyek penelitian. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran berbasis riset, setiap karakter mahasiswa mengalami perubahan karakter dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan pembelajaran berbasis riset dapat memberikan dampak positif pada karakter mahasiswa
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Riset, Karakter
ABSTRACT
Isnarti Karim. 2015. Descriptions of UninersityStudents' Characters in Research-Based Learning St Basic Physic 2 Subject ( A research on Faculty of Mathematics Ana Natural Sciences, State University of Gorontalo). Skripsi. Study Program of Physics Education, Departement of Physics, Faculty of Mathematics Ana Natural Sciences, State University of Gorontalo. The principal supervisor bas Drs. Asri Arbie, M.Si., And Co-supervisor bas Sunarty S. Eraku, M.Pd.
This research was descriptive research through qualitative approach. The aim of this research bas do know description of university students' character in research-based learning St basi physics 2 subject. The resouece of The data was students' of mathematics class B, students of physics Class B, and Students of chemical Class B. In collecting The data, it used instrument of students' character observation sheets. Observation did 3 times in alk of the subjects of the research. The Renault of the data showed that in Research-based learning, each of students' character experience change in character from the first meeting to the third meeting. So that, the conclusion is using research-based learning can give positive impact to the, students' character.
Key woards: Research-Based,Learning, Character.
Download berkas