Penulis / NIM
FADLIA MANTANG / 421411050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Fadlia Mantang (421 411 050) 2016. "Pengaruh Penggunaan pendekatan saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls."Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2016. Di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Ibu Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan konflik kognitif pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Gotong royong telaga. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain posstest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, siswa kelas X ATU 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dan siswa kelas X ATU 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konflik kognitif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi () = 0,05, didapatkan yaitu 4,963 > 2,024, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hi) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls.
Kata kunci :Pendekatan saintifik, konflik kognitif, hasil belajar
Download berkas