Penulis / NIM
SISKA DJAILANI / 421411056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Siska Djailani, 2015. Deskripsi aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi cahaya berbasis Lesson Study. (suatu penelitian di SMP Negeri 2 Randangan). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II oleh Citron S. Payu S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi cahaya berbasis Lesson Study.Jenis atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randangan pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dari penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Peneliti mengambil sampel kelas VIIIA dengan jumlah 12 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasisLesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis aktivitas siswa pada pertemuan I sampai pertemuan 2 terjadi peningkatan, dimana pada pertemuan I persentase aktivitas siswa adalah 95,825%, sedangkan pada pertemuan II aktivitas siswa meningkat dengan persentase mencapai 100%. Demikian juga dengan hasil belajar siswa dimana persentase hasil belajar yang tuntas adalah 91,7% dan persentase hasil belajar tidak tuntas adalah 8,3%. Oleh karena itu, dengan pembelajran berbasisLesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Cahaya, Lesson Study.
ABSTRACT
Siska Djailani. 2015. Description Student's Activity and Performance on Lesson Study based Light Material (A research at SMP Negeri 2 Randangan). Skripsi Study program of Physical Education, Departement of Physic. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. Principal supervisor was Prof. Dr. H. Yoseph Paramata., M.Pd., and co-supervisor was Citron S. Payu., S.Pd., M.Pd.
This research aimed at finding description of student's activity and performance on Lesson Study based Light Material. This was a descriptive research and used quantitative approach. The population of this research was all students at class 8th SMP Negeri 2 Randangan in academic year 2014/2015. The sample of this research used purposive sampling technique. The sample took students at class 8th A, about 12 students. The collecting of the data used teachers' observation sheet, and student's observation sheet, and student's result test. This research showed that lesson study based learning can increase student's activity and performance. It can be seen from the analysis on the meeting 1 until meeting 2 increased. The meeting 1 had 95,825% of students' activity, whereas on the meeting 2 increased to 100%. Also the students' performance for the complete result was 91,7% and the students' performance for the incomplete result was 8,3%. Therefore, Lesson Study based learning can increase students' activity and performance.
Keywords; Performance, Students' Activity, Light, Lesson Study
Download berkas