Penulis / NIM
MULYANI MARDANI / 421411057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
Mulyani Mardani. 2018 Pengaruh Penggunaan Number Heads Together Berbasis Learning Community Terhadap Hasil Belajar Siswa. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together Berbasis Learning Community Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Heads Together. Pada pelajaran fisika materi Energi dan Perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 TELAGA BIRU. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas VIII1sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretest kemudian diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = 6,06 >Ftabel = 4,13 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Number Heads Together Berbasis Learning Community dengan hasil belajar siswa. Dimana hasil belajar dengan model pembelajaran Number Heads Together Berbasis Learning Community.
Kata Kunci: Number Heads Together Berbasis Learning Community. Hasil Belajar Siswa
Download berkas