SKRIPSI

Penulis / NIM
NI WAYAN SRI MURNIAWATI / 421411059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Murniawati, Niwayan Sri. Nim 421411059. 2015. Hubungan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa (suatu penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suwawa Kelas VIII). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Nawir Sune, M.Si dan pembimbing (2) Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji hubungan pemahaman konsep dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Suwawa dengan sampel yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data diambil menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, homogen dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian, (1) terdapat hubungan yang positif antara pemahaman konsep dengan hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 28,623% dan koefisien korelasi parsial 0,534. (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 21,252 % dan koefisien korelasi parsial 0,329.(3) terdapat hubungan yang positif secara bersama-sama antara pemahaman konsep dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 34,692 % dan koefisien korelasi ganda 0,589. Bagi peneliti yang ingin meneliti lebih jauh tentang tentang pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa untuk memperhatikan faktor-faktor internal maupun eksternal dari objek yang diteliti. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Hasil Belajar ABSTRACT Murniawati, Niwayan Sri. Student ID 421411059. 2015. The Correlation of Concept Understanding and Learning Motivation with Student's Learning Achievement (A research Conducted in SMP Negeri I Suwawa at VIII Grade). Skripsi, Study Program of Physics Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Principal Supervisor was Dr. Nawir Sune, M.Si and Co-supervisor was Ahmad Zainuri. S.Pd, M.T. The aim of this research is to review the correlation of concept understanding and learning motivation with student's learning achievement. This was a multiple correlation research. Population in this research were VIII grade students in SMP Negeri I Suwawa with the total of sample was 30 students. Data were collected through test methond, questionnare and documentation. The hypothesis test through correlation analysis and multiple regression analysis, previously done requirements analysis included normality test, homogeneity and linearity. Based on the results, (1) there was a positive correlation between concept understanding and student's learning outcome for 28,623% and partial correlation coefficient was 0,534. (2) There was a positive correlation between learning motivation and student's learning achievement for 21,252% and partial correlation coefficient was 0,329. (3) There was a positive correlation between concept understanding and learning motivation with student's learning achievement 34,692% and multiple correlation coefficient was 0,589. For further researcher who wants to investigate more in depth about concept understanding and students learning motivation, it is recommended to pay attention the imternal factors and external factors of the research object. Keywords: Concept Understanding, Learning Motivation, Learning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011