Penulis / NIM
NURHAYATI SYAMSIR / 421411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Nurhayati syamsir. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E di SMAN 1 BONE PANTAI skripsi. Jurusan Fisika, Program studi pendidikan fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Drs. Mursalin, M.si dan pembimbing 2: Nova Elyisia Ntobuo, S.pd, M.pd. penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 BONE PANTAI melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E di Kelas X pada materi Pengukuran yang berjumlah 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dalam 2 siklus dengan mengikut sertakan 3 orang pengamat. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui pemberian tes pada setiap akhir pembelajaran. Selain itu, kegiatan guru dan kegiatan siswa di kumpulkan melalui teknik observasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan dengan menerapkan pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 29,1% meningkat menjadi 86,4% pada siklus 2. Jadi, hipotesis penelitian tindakan kelas ini yaitu " jika guru menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, maka hasil belajar siswa pada materi pengukuran meningkat " terbukti. Berdasarkan pernyataan tersebut, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu penggunaan model pembelajaran Learning Cycke 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X SMAN 1 BONE PANTAI.
Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Learning Cycle 7E, pengukuran
Download berkas