Penulis / NIM
WA ODE NURHALISA / 421411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Wa Ode Nurhalisa. 2015. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Skripsi. Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II: Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga dengan kelas kontrol yang menggunakan media power point pada materi getaran dan gelombang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas VIII2 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian menggunkan jenis angket tertutup. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Namun sebelum digunakan uji t, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji Chi kuadrat untuk menguji normalitas dan uji F untuk menguji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 89,24 dan kelas kontrol 69,48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yang hanya menggunakan media power point.
Kata Kunci: Alat Peraga, Motivasi Belajar Siswa, Getaran dan Gelombang.
Download berkas