Penulis / NIM
SUHAEDA / 421411062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Suhaeda. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining di Kelas VII3 SMP Negeri 2 Telaga Biru. Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining di Kelas VII3 SMP Negeri 2 Telaga Biru pada mata pelajaran IPA Fisika, dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini mengacu pada model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Berdasarkan tindakan pada siklus I, dari 20 siswa yang dikenai tindakan, 17 siswa yang tuntas atau secara klasikal mencapai 85 %. Karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan memenuhi kriteria nilai yang sudah ditetapkan maka penelitian diakhiri pada siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining
Download berkas