SKRIPSI

Penulis / NIM
IRON UJULU / 421411073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Absrtak Iron Ujulu. 2015. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset Berintegrasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Fisika Dasar II di Jurusan Matematika. Suatu penelitian di Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar mahasiswa menganggap mata kuliah fisika dasar II sulit, sehingga dapat mempengaruhi keaktifan/aktivitas mahasiswa dalam menerima pembelajaran dari dosen yang berdampak pada menurunnya hasil belajar mahasiswa. Selain itu belum adanya penilaian karakter dalam proses pembelajaran. Sehingga, tujuan dalam penelitian ini adalah agar peneliti mendapatkan gambaran aktivitas dosen, aktivitas mahasiswa, karakter mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa jurusan matematika kelas c pada mata kuliah fisika dasar II melalui pembelajaran berbasis riset berintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode berbentuk deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan yang diamati dalam pembelajaran berbasis riset berintegrasi pendidikan karakter dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa dengan ketuntasan klasikal rata-rata 80% dari 25 mahasiswa tuntas dan hanya 20% mahasiswa yang tidak tuntas, serta dapat menumbuh kembangkan karakter disetiap pertemuan khususnya pada materi Listrik Dinamis. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Riset, Pedidikan karakter, Fisika Dasar Abstract Iron Ujulu. 2015. Description on the Application of Research Based Learning Integrated Character Education at Basic Physics II Subject at Department of Mathematics. A research conducted at Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo 2015. The principal supervisor was Drs. Asri Arbie, M.Si and Co-supervisor was Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. The background of this research was most of student assume that basic physic II is difficult, so that it influences the activeness/activity of student in studying that causes the decrease of student's learning achievement. Furthermore, there is no character assessment in the learning process. So that, the aim og this research was to get illustration of lecturer's activity, student's activity, student's character and student's learning achievement of class C department of mathematic at basic physic II subject through research based learning integrated character education. This research used descriptive method through qualitative approach. Based onn the observation result, research based learning integrated character education can increase the activity and studen't learning achievement with average classical completeness were 80% from 25 students and 20% students were incompleteness, additionally it can grow up the character in every meeting especially at dynamic electricity topic. Keywords: Research Based Learning, Character Education, Basis Physic.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011