SKRIPSI

Penulis / NIM
MERINDA PANANI / 421411077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Merinda Panani. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Interaksi Belajar Mengajar materi Keterampilan Dasar Mengajar. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis riset lebih besar dari kriteria ketuntasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dimana hanya dilakukan pada satu kelas saja dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan fisika angkatan 2013 yang mengontrak mata kuliah interaksi belajar mengajar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas fisika A dengan jumlah mahasiswa 23 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar diberikan kepada mahasiswa yang berada di kelas sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttes. Sebelum digunakan, perangkat pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Riset divalidasi oleh validasi ahli dan divalidasi empiris. Hasil validasi ahli oleh 2 validator menyatakan bahwa perangkat pembelajaran tersebut baik dan layak digunakan. Hasil uji validitas dari validasi empiris kepada 21 orang mahasiswa diluar sampel yaitu 6 butir soal valid dan 1 butir soal tidak valid. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh Zhitung = 11,10 > Ztabel = 1,645 yang berarti menerima hipotesis H1, perbandingan dari kedua kelas itu dapat terlihat nilainya dengan melakukan uji gain ternormalisasi untuk hasil belajar mahasiswa, berdasarkan pengujian gain ternormalisasi didapat hasil 0,71 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hasil belajar mahasiswa kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis riset lebih besar dari kriteria ketuntasan, Artinya model pembelajaran berbasis riset dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah interaksi belajar mengajar. Kata Kunci : Hasil Belajar , Pembelajaran Berbasis Riset. ABSTRACT Merinda Panani. 2015. The Influence of Research-Based Learning Model toward The Students' Learning achievement on The Basic Skill of Teaching Topic of Teaching and Learning Interaction Subject. Study Program of S1 Physics Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and the co-supervisor was Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd, This research was conducted in State University of Gorontalo, Department of Physics. This research aimed at investigating the students' learning achievement in the class which applied research-based problem whether or not the learning achievement would be higher than the standard achievement criteria. The method used in this research was quasi experimental method, but it was only conducted in one class research design, called one group pretest-posttest design. The population of this research were all students in class of 2013 and followed Teaching and Learning subject. The technique of sampling was purposive sampling technique. The class which became the sample of research was class A with 23 students. The data collection was thorugh test of students' learning achievement that was given to the students in the classroom twice; posttest and pretest. Before going to be used, the learning tools were validated by expert validation and empiric validation. The result of expert validation of two validators stated that good and properly used. The result of empiric validation to the 21 students out of research samples stated that 6 items of test were valid and 1 item of test was valid. The hypothesis criteria test gained Zcount = 11,10 > Ztable = 1,645 which meant that H1 was accepted. The comparison of the two classes can be seen through normalized gain test. The result of normalized gain test was 0,71 with medium criteria. This research concluded that the students' learning achievement at class which applied research-based learning method was higher than standard achievement criteria. It menat that the research-based learnng model influenced students' learning achievement in teaching and learning interaction subject. Keywords : Learning Achievement, Research-Based Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011