Penulis / NIM
INTAN HANDAYANI A. HALALUTU / 421411080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Intan Handayani A.H. Halalutu 2018. "Meningkatkan Hasil Belajar Sains Materi Gaya Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Komik Di Kelas V SD NEGERI 80 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO". Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd,M.Pd, dan Pembimbing 2 Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran kiomik IPA pada materi gaya Di Kelas V SD Negeri 80 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembalajaran langsung. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran komik IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini berdasarkan:1) lembar validasi perangkat pembelajaran dan instrument penelitian memenuhi syarat dan layak digunakan, 2) Persentase keterlaksanaan proses pembelajaran dengan nilai rata-rata 97,6%, dengan kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik nilai rata-rata 85%, rata-rata ketuntasan individual mencapai 96,09%, dan rata-rata hasil belajar pengetahuan secara klasikal mencapai 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran komik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
Kata kunci: Media Pembelajaran komik, Hasil belajar, Konsep Gaya
Download berkas