Penulis / NIM
TAUFIK HIDAYAT / 421412001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Hidayat, 421412001. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model TAI (Team Assisted Individualization) Pada Materi Suhu dan Kalor Di SMA" (suatu penelitian di SMA Negeri 1 Tibawa). Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Yoseph Paramat, M.Pd dan Pembimbing 2 Supartin, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan dan melihat keefektifan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada materi suhu dan kalor di kelas X di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tibawa pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perangcangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang terdiri dari validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak dan dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. validitas butir soal rhitung > 0,44 untuk penilaian pengetahuan 0,788, sikap yaitu 0,76028, untuk keterampilan kinerja mendapatkan hasil berturut-turut 0,7096 dengan reabilitas berturut-turut untuk pengetahuan, keterampilan dan sikap adalah 0,79, 0,70 dan 0,76.
Kata Kunci: TAI (Team Assisted Individualization), Pengembangan Perangkat Pembelajaran, efektivitas, 4-D.
Download berkas