SKRIPSI

Penulis / NIM
EKA FITRI SUYANTO / 421412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Abstrak
ABSTRAK Eka Fitri Suyanto. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Quantum Learning pada Konsep Bunyi di SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Asri Arbie, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Quantum Learning yang efektif, layak dan praktis pada konsep bunyi di SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pengumpulan data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data hasil validasi, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis observasi aktivitas peserta didik, analisis data hasil wawancara terhadap guru dan peserta didik serta analisis data validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penilaian kompetensi menggunakan rumus korelasi product moment dan alpha cronbach. Hasis analisis pada uji coba lanjutan menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat pembelajaran menunjukkan kriteria efektif, layak dan praktis. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang berada pada kriteria sangat baik dengan persentase 100% dan hasil pengamatan aktivitas keseluruhan siswa untuk tiga kali pertemuan adalah 84,43%, dimana persentase ini memenuhi kriteria baik. Validitas butir instrumen penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan memiliki nilai rhitung > 0,361 dan nilai reliabilitasnya secara berturut-turut adalah 0.84, 0,62, dan 0.62, serta respon siswa dan guru menunjukkan respon bahwa perangkat pembelajaran mudah (praktis) untuk dilakukan dan baik digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Quantum Learning, Bunyi ABSTRACT Eka Fitri Suyanto. 2016. The Development of A Device Based Learning Quantum Learning To The Concept of The Sound in Junior High School. Script, Program Study of education Physics, Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo. Supirvisor I Prof. Dr. H. Yoseph paramata, M.Pd and Supervisor II Drs. Asri arbie, M.Si. This research aims to produce a device learning based quantum learning that is effective , worthy of and practical on the concept of the sound in junior high school. The research is the kind of research and development (R & D) by using 4-D model of development, consisting of 4 stage, the namely define, design, development, and disseminate. Data collection used obtained through validation expert, observation, interviews and tests. Analysis techniques data using data validation analysis, analysis keterlaksanaan learning, analysis observation activity students, an analysis of data interviewing teachers and students and data analysis and reliability validity of competence instrument for using formulas correlation product moment and alpha cronbach. The results of the analysis on trial advanced shows that a whole device learning show criteria effective, decent and practical. This is shown research observations indicate presentation weighting that is to a criterion very good with the 100% and the result of the observation activity a whole students for three times meetings were 84.43%, where this percentage meet the criteria good. Validity grains an instrument assessment competence attitude, knowledge, and skills having value r count > 0,361 and value reliability respectively is 0.84, 0.62, and 0.62, and response students and teachers show a response that a set of learning easily (practical) to do and better used to assist with the learning. Keywords: A Set of Learning, Quantum Learning, Sound
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011