Penulis / NIM
ASHAR / 421412006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kegiatan mengamati dalam pembelajaran fisika materi gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPA 7 di SMAN 1 Gorontalo dengan jumlah siswa 27 orang, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan pada aktifitas siswa dalam kegiatan mengamati rata-rata semua indikator dipertemuan pertama sebesar 75,3% dan pertemuan kedua 70,8%, aktifitas guru dalam kegiatan mengamati rata-rata semua indikator dipertemuan pertama sebesar 83,3% dan pertemuan kedua sebesar 81,7%, selanjtnya aktifitas guru dalam pembelajaran secara keseluruhan untuk rata-rata setiap indikator pada pertemuan pertama diperoleh 87,6% dan dipertemuan kedua sebesar 89,5%. Hasil angket minat belajar siswa secara kesuluruhan menunjukan bahwa siswa memiliki minat yang besar terhadap kegiatan mengamati dalam pembelajaran fisika materi gelombang di SMAN 1 Gorontalo. Tes hasil belajar siswa menunjukan 70,4% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan 29,6% siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Kata kunci: Kegiatan Mengamati, Pembelajaran fisika, Gelombang.
Download berkas