Penulis / NIM
VERY / 421412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Very. 2016. Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa SMA untuk mata pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan instrumen penilaian afektif yang dikembangkan untuk pembelajaran Fisika SMA khususnya kelas X. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Draft awal instrumen dikembangkan berdasarkan pada hasil studi lapangan dan studi pustaka. Instrumen yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh tim ahli dan guru mata pelajaran Fisika untuk melihat kelayakan instrumen. Selain validasi ahli, instrumen ini juga divalidasi secara konstruk dengan menggunakan korelasi Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk menganalisis keefektifan instrumen. Instrumen yang dihasilkan selanjutnya dinilai oleh guru mata pelajaran selaku pengguna untuk melihat kepraktisan instrumen. Hasil telaah ahli menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki kriteria layak, hasil analisis konstruk juga menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan efektif dengan nilai rhitung > 0.3 dan nilai reliabilitasnya sebesar 0.825. Penilaian guru mata pelajaran juga menunjukan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan mudah dan praktis untuk digunakan.
Kata kunci: pengembangan, penilaian afektif, self assesment , peer assesment
Download berkas