SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSMIRA ATISINA / 421412009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Abstrak
ABSTRAK Susmira Atisina. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Fenomena (PBF) pada Konsep Getaran dan Gelombang di SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Asri Arbie, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis fenomena yang layak, praktis, dan efektif pada konsep getaran dan gelombang di SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas konstruksi, analisis respon guru dan peserta didik, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis data hasil observasi aktivitas peserta didik, dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil analisis pada uji coba lanjut menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif. Kelayakan perangkat pembelajaran ditunjukkan berdasarkan hasil validasi yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan revisi kecil serta hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan memenuhi kriteria valid dan reliabel dengan nilai rhitung lebih besar dari 0,361 dan koefisien reliabilitas berturut-turut sebesar 0,690; 0,668; dan 0,749. Kepraktisan perangkat pembelajaran ditunjukkan berdasarkan respon positif dari guru dan peserta didik. Sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran ditunjukkan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil observasi aktivitas peserta didik yang berada pada kriteria sangat baik dengan persentase berturut-turut adalah 89,9% dan 86,1%, serta hasil belajar peserta didik pada kompetensi pengetahuan memenuhi kriteria baik dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 73,33% dan hasil belajar pada kompetensi sikap dan keterampilan memenuhi kriteria sangat baik dengan masing-masing persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Fenomena, Getaran dan Gelombang ABSRTACT Susmira Atisina. 2016. Development Kit Phenomena Based Learning (PBF) on the Concept of Vibrations and Waves in Junior High School. Skripsi, Study Program of Physics, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Preceptor one Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd and preceptor two Drs. Asri Arbie, M.Si. This study aims to produce devices phenomenon based learning that is feasible, practical, and effective on the concept of vibrations and waves in Junior High School. This study is a research and development (R & D) using 4-D model of development, which consists of four stages, namely define, design, develop, and disseminate. The collection of data used were obtained through expert validation, observation, interviews and tests. Data were analyzed using analysis of the validity of construction, analysis of the response of teachers and learners, learning materialize analysis, data analysis observation of learners, and analysis of classical completeness. The analysis of the trial further showed that the overall learning devices meet the criteria of decent, practical, and effective. Feasibility learning device is indicated by the results of the validation which states that the learning tools developed can be used with minor revisions as well as the results of validity and reliability of the instrument competency assessment of knowledge, attitudes, and skills meet the criteria for a valid and reliable value rcount greater than 0.361 and reliability coefficient consecutive amounted to 0.690; 0.668; and 0.749. Practicality learning device is indicated by a positive response from teachers and learners. While the effectiveness of the learning device shown is based on observations learning materialize and observations activities of students in the criteria very well with the percentages are respectively 89.9% and 86.1%, as well as the study of students in the competence of knowledge meets both criteria with percentages classical completeness 73.33%, of the competencies and learning outcomes attitude and performance meet the criteria very well with their respective percentage of classical completeness 100%. Keywords: Learning Devices, Phenomenon Based Learning, Vibrations and Waves
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011