Penulis / NIM
RISKA LAILA DIN / 421412011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Riska Laila Din. 2016. Deskripsi Kegiatan Mencoba dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatiff yang bertujuan untuk untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan mencoba dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 dan guru Fisika di SMA Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen lembar pengamatan siswa pada kegiatan mencoba, lembar pengamatan guru pada kegiatan mencoba, lembar pengamatan guru dalam pembelajaran, instrumen angket dan tes hasil belajar. Pengamatan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada kegiatan mencoba pada pertemuan pertama adalah sebesar 66,04% dan persentase pada pertemuan kedua sebesar 64,14%, aktivitas guru pada kegiatan mencoba pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 95,83%, aktivitas guru dalam pembelajaran pada pertemuan pertama adalah sebesar 87,63% dan persentase pada pertemuan kedua sebesar 89,54%, minat siswa dalam melakukan kegiatan mencoba sebesar 71,84%. Dengan demikian, kegiatan mencoba di SMA Negeri 1 Gorontalo berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Kegiatan Mencoba
ABSTRACT
Riska Laila Din. 2016. Description on the Experiment Activity in Learning Physics in the Lesson Waves in SMA State 1 Gorontalo. Skripsi. Department of Physics Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd and Co-supervisor was Nova E. Ntobuo, S.Pd, Pd.
This research used descriptive method through quantitative approach aimed to provide an overview of the experiment activities in learning physics in the lesson waves in SMA Negeri 1 Gorontalo. Sources of data in this study were students of class XI IPA 7 and Physics teacher at SMA State 1 Gorontalo totaling 27 people. The data collection instrument used was the observation sheet of students in experiment activities, teacher observation sheet on experiment activities, teacher in the observation sheets, questionnaires and achievement test. Observations were made as much as 2 meetings. The results showed that the activity of students in experiment activities at the first meeting amounted to 66.04% and the percentage of the second meeting amounted to 64.14%, the activity of teachers in experiment activities at the first meeting and the second meeting amounted to 95.83%, the activity of teachers in learning at the first meeting amounted to 87.63% and the percentage of the second meeting amounted to 89.54%, students' interest in experiment activity by 71.84%. So that, the experiment activity in SMA State 1 Gorontalo goes well.
Keyword: Experiment activity
Download berkas