SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI AMINAH / 421412013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Siti Aminah, 2016. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Auditor Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi Suhu, Pemuaian dan Kalor di SMP". Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis AIR pada materi suhu, pemuaian dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Four-D. Prosedur penelitian ini terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator dan lembar observasi pengamatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, RPP, LKPD, dan THB layak untuk digunakan sebagaimana hasil dari penilaian para ahli yang menyatakan bahwa perangkat dapat digunakan dengan revisi kecil maupun tanpa revisi. Sementara itu, berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian observer pada saat dilakukan kegiatan uji coba. Dimana keterlaksanaan kegiatan pembelajaran berkisar antara 86-100% baik uji coba I maupun uji coba II. Sedangkan untuk penilaian sikap maupun psikomotor peserta didik rata-rata berkisar antara 70-100%. Sementara itu, capaian peserta didik dalam menyelesaikan THB rata-rata 75% peserta didik dalam satu kelas mencapai KKM. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Auditory Intellectually Repetition (AIR) ABSTRACT Siti Aminah, 2016. "The development of the device of learning IPA based on Auditor Intellectually Repetition (AIR) on the material's temperature, Heat and thermal expansion in junior high school." Skripsi of Physics Education Courses, Physics Department, Mathematics and Natural Sciences Faculty, Universitas Negeri Gorontalo. Supervisor I, Prof. Dr. Yoseph Paramata, M, Pd and Supervisor II, Supartin, S.Pd, M.Pd. This research was aimed to produce the device of learning IPA based on AIR on the material's temperature, heat and thermalexpansion. The method of this research was developmentresearch and Four-D model of development. This research consists of aprocedure Definition, Design, Development, and Disseminate. The data of this research have been collected from using the validation sheets filled out by 3 validator and observation sheet learning activities as well as the implementation of the test results of the study. The result of this research showed that product development produced in this research in the form of a learning device that consists of a Syllabus, RPP, LKPD, and THB deserves to be used as a result of the assessment of the experts who declared that the device can be used with or with out minorrevision revision. Meanwhile, based on the results of trials of the device, the device is obtained which is developed for effective use. It is based on the results of an assessment of obcerver at the time of trial activities done. Carried outlearningactivities ranged from 86 to 100% good test I or II trials. As for the assessment of attitudes as well as psychomotor learners average ranging between 70 to 100%. Meanwhile, achievement from learners in completing THB 75% average learners in a class reaches the KKM. Key Words: Development, Learning Devices, Auditory Intellectually Repetition (AIR)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011