Penulis / NIM
ARLIAN YAHUDU / 421412016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Arlian Yahudu. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Animasi pada Materi Gelombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Univarsitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang efektif, praktis, dan layak berupa perangkat pembelajaran Fisika yang menggunakan media animasi pada materi Gelombang. Model yang digunakan yaitu model 4-D (four-D model) yang terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu, Define (pendefinisian), Desaign (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada pokok bahasan Gelombang. Perangkat pembelajaran ini telah memenuhi kriteria layak dengan hasil yang diperoleh dari 3 validator ahli yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas baik. Untuk keterlaksanaan pembelajaran yang dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas peserta didik memiliki kualitas baik dan memenuhi kriteria kepraktisan, hal ini dapat dilihat dari uji coba terbatas yaitu rata-ratanya sebesar 93 dan 92 % sedangkan untuk uji coba terluas yaitu rata-ratanya sebesar 93 dan 99 %. Dan untuk penilaian tes hasil belajar, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan memiliki kualitas baik dan memenuhi kriteria keefektifan.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, 4-D (four-D model), Gelombang
ABSTRACT
Arlian Yahudu, 2016. Physics Learning Devices Development using Animation Media on Wave Topic. Skripsi. Study Program of Physics Education, Departrnent of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd and Co-supervisor is Citron
S. Payu, S.Pd, M.Pd.
This research aims at producing effective, practice, and appropriate product of physiss learning devices using animation media on wave topic. The model in this research is 4-D (four-D Model) consists of four development stages namely define, design, develop and disseminate. Learning devices that developed include syllabus, lesson plan, learning media, student worksheet, and student's achievement test on wave topic. These learning devices have fulfilled the appropriate criteria with the result obtained from three expert validators is that the developed learning devices have good quality. For the implementation of learning media which is seen by teacher and student's activity have good quality and fulfill tlre practicality criteria. This can be seen by limited trial which the average is 93 and 92 % while the average for the largest trial is 93 and 99%. Besides, learning achievement test assessment, attitude assessment, and skill assessment have good quality and fulfill effectiveness criteria.
Keywords: Learning media, Learning media development, 4-D (four-D model), Wave.
Download berkas