Penulis / NIM
SANTI SY. KASIM / 421412017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Santi Sy. Kasim. 2016 "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Virtual-lab Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Fisika". Skripsi Program studi pendidikan fisika, jurusan fisika, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Gotong Royong Telaga yang bertujuan untuk melihat perbedaan keterampilan proses sains siswa SMK pada mata pelajaran fisika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis virtual-lab dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis real-lab. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Gotong Royong Telaga. Desain dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 44 orang yang terbagi ke dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan persyaratan analisis dilakukan uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Dari hasil analisis data pada = 0,05 diperoleh ttabel = 1,679 dan thitung = 1,979 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa SMK pada mata pelajaran fisika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis virtual-lab dengan kelas yang mengggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis real-lab. penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis virtual-lab lebih cocok digunakan pada siswa SMK untuk mata pelajaran fisika.
Kata kunci : Inkuri Berbasis Virtual-lab, Keterampilan Proses Sains
ABSTRACT
Santi Sy. Kasim. 2016 "The Effect Of Inquiry Learning Model Of The Science Process Skills Of Vocational Students In Physics". Skripsi Physics Education Study Program, Physics Department. Faculty of Mathematics and Natural Science. Advicer : (1) Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
This research was conducted at SMK Gotong Royong Telaga which aims to see the difference science process skills of vocational students in physics between classes using inquiry learning model based virtual-lab with the class using inquiry learning model based real-lab. the methods used in this study is true experiment design with pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI SMK Telaga the Mutual Cooperation. Design and sampling in this study conducted cluster random sampling. Samples numbered 44 people, divided into control group and the experimental class. Data were analyzed using t test analysis requirements normality test using chi square test and homogeneity test using the test Barlett. From the analysis of the data on = 0.05 was obtained ttable = = 1.679 and tarithmetic = 1.979 where H0 and H1 accepted. So this shows that there are differences in science process skills of vocational students in physics between classes using inquiry learning a model based virtual-lab with the class using inquiry learning model based real-lab. the use of inquiry-based learning model virtual-lab is more suitable for use in vocational students to physics.
Key Word : Inquiry-based virtual-lab, Science process skills
Download berkas