Penulis / NIM
NOVITA ASWIN / 421412018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media PhET diintegrasikan dengan model pembelajaran inkuiri dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan media animasi diintegrasikan dengan model pembelajaran inkuiri. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, maka digunakan desain penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Kabila, dan didapat 2 kelas sebagai sampel yakni kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Secara statistik data rata-rata skor hasil belajar fisika siswa pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media PhET diintegrasikan dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas yang dibelajarkan menggunakan media animasi diintegrasikan dengan model pembelajaran inkuiri diuji perbedaanya menggunakan statistik uji t pada pengujian hipotesis. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 6,4 >1.67 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan media PhET diintegrasikan dengan model pembelajaran inkuiri dengan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan media animasi diintegrasikan dengan model pembelajaran inkuiri. .
Kata Kunci : Media PhET, hasil belajar siswa, inkuiri
Download berkas