SKRIPSI

Penulis / NIM
NURVADILA PAKAYA / 421412019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Abstrak Nurvadila Pakaya (421412019). 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa materi fluida dinamis yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan yang menggunakan model pembelajaran spontaneous group discussion kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen bentuk pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan terpilih kelas XI MIA5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 10 butir soal dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa; 1) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa materi fluida dinamis yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan yang menggunakan model pembelajaran spontaneous group discussion. Pernyataan ini diperkuat dengan melihat perolehan nilai pada pengujian hipotesis dimana thitung = 3,732 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 1,68 pada taraf = 0,05, terbukti bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Rata- rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model two stay two stray lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model spontaneous group discussion dengan > . Dengan demikian bahwa model pembelajaran kooperatrif tipe two stay two stray lebih cocok digunakan dalam peningkatan hasil belajar pada materi fluida dinamis. Kata Kunci : Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Eksperimen, Spontaneous Group Discussion, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011