Penulis / NIM
I GUSTI MADE BUANA / 421412021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
I Gusti Made Buana.2016. Pengaruh Media Animasi Software PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi, Program studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media animasi Software PhET dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan eksperimen real. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, maka digunakan desain penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 1 Gorontalo, dan didapat 2 kelas sebagai sampel yakni kelas XII IPA 3 dan kelas XII IPA 5. Dalam penarikan sampel digunakan teknik Cluster Random Sampling. Secara statistik data rata-rata skor hasil belajar fisika siswa pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media animasi Software PhET dan kelas yang dibelajarkan menggunakan eksperimen real diuji perbedaanya menggunakan statistik uji t pada pengujian hipotesis. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau 34.28 >1.67 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan media animasi Software PhET dengan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan eksperimen real.
Kata Kunci : Media animasi Software PhET. Hasil Belajar Siswa.
Download berkas