Penulis / NIM
MELISA ISMAIL / 421412028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Melisa ismail. 2017. Pengaruh Penggunaaan Media Pembelajaran PhET simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kinetik Gas. Skripsi, program studi SI Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin M.si dan pembimbing II Tirtawati Abdjul S.pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan media PhET simulations dengan kelas kontrol yang menggunakan media power point. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, maka digunakan desain penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Kabila, dan didapat 2 kelas sebagai sampel yakni kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Secara statistik data rata-rata skor hasil belajar fisika siswa pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media PhET simulations dan kelas yang dibelajarkan menggunakan power point. diuji perbedaanya menggunakan statistik uji t pada pengujian hipotesis. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 3,50>2,01 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan media PhET simulations dengan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan media Power Point.
Kata Kunci : media PhET simulation, hasil belajar siswa.
Download berkas