Penulis / NIM
ISMAIL HUMOLUNGO / 421412029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Ismail Humolungo, 2016. Deskripsi implementasi kurikulum 2013 pada Penggunaan Pendekatan, Model, dan Metode dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Telaga. Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 padapenggunaan pendekatan, model, dan metode dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri 1 Telaga. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu; 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan3) penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 pada penggunaan pendekatan, model, dan metode pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Telaga sudah mengikuti aturan Permendikbud No 103 Tahun 2013. Secara kualitatif, hasil yang diperoleh juga menggambarkan bahwa guru-guru mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Telaga melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan ilmiah. Kendala yang dihadapi pada implementasi penggunaan pendekatan, model, dan metode pada pembelajaran fiska adalah waktu yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran kurang, sehingga mengakibatkan tidak maksimalnya proses kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fisika
Download berkas